PENEGAKAN HUKUM YANG TERCORENG

Proses penegakan hukum di bidang pengungkapan kasus KKN dan praktik – praktik yang mengakibatkan kerugian negara yang saat ini digelar baik oleh kepolisian, kejaksaan maupun pengadilan, sangat harus untuk dibuka informasinya secara transparan. Hal ini harus dilakukan agar masyarakat dapat ikut serta menilai apakah proses penegakan hukum telah berjalan dengan baik atau sebaliknya, karena bisa saja penegak hukum bermain mata dengan tersangka.

Keterbukaan menjadi sangat penting karena saat ini masyarakat menilai bahwa proses pengakan hukum dinegeri ini hanya sandiwara, masyarakat menilai penegakan hukum di bidang pengungkapan kasus KKN dan praktik – praktik yang mengakibatkan kerugian negara hanya sebagai permainan kotor antara penegak hukum dengan terdakwa maupun tersangka. Asumsi ini semakin kuat dimata masyarakat karena sebagaimana kita ketahui penegakan hukum seolah – olah hanya menyentuh pelaku kriminal, misalnya pengadilan pembunuhan, perkosaan, perampokan, narkoba dan kasus – kasus lain .

Meskipun penegakan hukum seamata – mata bukan hanya di bidang pengungkapan kasus KKN dan praktik – praktik yang mengakibatkan kerugian negara tetapi kejanggalan – kejanggalan dalam penegakannya selalu muncul dimata kita, kejahatan lingkungan, korupsi, penyimpangan anggaran, semuanya masih jauh dari harapan. Penilian masyarakat tidak dapat di salahkan tetapi yang perlu di benahi adalah bagaimana para pelaku kejahatan terhadap negara ditindak dengan tegas tanpa memandang kedekatannya dengan penguasa, mantan orang penting, sampai kepada orang yang memiliki harta banyak. Penegakan hukum dengan memandang bulu seperti ini kerap dipertontonkan, meskipun dengan dalih bermacam-macam toh semua sangat jelas terlihat. Kita ambil contoh kecil saja seorang pelaku kejahatan terhadap negara dengan mudahnya meminta tahan luar dengan alasan sakit, padahal sesungguhnya orang itu masih sehat segar bugar, ujung –ujungnya atas nama orang penting atau jaminan sekian juta rupiah sang penjahat dengan berbagai alasan yang tidak masuk akal diberikan tahanan luar. Setelah diluar tahanan segala agar bisa bebas dari jeratan hukum segala upaya dilakukan, dari mencoba menyogok jaksa, hakim sampai kemudian kabur ke luar negeri, menjadi buronan hilang entah kemana. Kenyataan seperti ini bukan hanya terjadi satu kali tetap lebih dari itu, seolah rentetan seperti modus seperti ini merupakan lagu lama yang siap putar kapan dan dimana saja di Republik ini. Penegakan hukum harus menjunjung tinggi nilai keadilan, kejujuran, memberikan perlakuan wajar, Non-diskriminatif juga dan tidak bisa dilupakan aspek-aspek kemanusiaan. Tetapi, saat ini yang menjadi tanda tanya besar sudahkah semua itu dilaksanakan? harapan atas terlaksananya pengadilan bersih dan jujur sangat besar di setiap kepala masyarakat indonesia.

Harapan masyarakat kedepan sangat tidak muluk – muluk dan bisa dicapai jika didukung oleh perangkat yang jelas dan berkualitas baik dari payung hukumnya maupun para penegak hukum sendiri. Peran pemerintah sangat dinantikan jangan buat masyarakat luas menjadi lebih tidak percaya lagi kepada penegakan hukum di Republik ini, sehingga kasus main hakim sendiri seperti membakar pencuri hidup – hidup tidak akan pernah terjadi lagi.

Menengok pengungkapan kasus KKN dan kejahatan kepada negara di Kalteng. Berkaca dari keadaan saat ini, sebagaimana di lansir Kalteng Pos beberapa bulan yang lalu saat ini ada 11 kasus besar yang sedang di tangani kejaksaan tinggi Kalimantan tengah . Sangat ditunggu informasi yang jelas atas prosesnya, kasus apa, siapa yang terlibat, dan berapa lama pihak penegak hukum akan menyelesaikannya. Kejahatan kepada negara adalah penghianatan kepada negara, begitu juga bila itu terjadi di Kalimantan Tengah karena dengan melakukan tindak kejahatan kepada negara berarti telah mengurangi hak rakyat kalteng, dalam perannya untuk menikmati hasil bumi maupun hidup layak. Saat ini kasus kasus yang melibatkan bekas dan orang penting ada di Kalteng adalah salah satu soal ujian kepada penegak hukum. Akan mampukah memenuhi harapan masyarakat kalteng ?, hanya waktu yang akan menjawabnya kita hanya menunggu.

Sorotan selanjutnya atas penegakan hukum baik lokal maupun nasional adalah peran media. Peran media (cetak dan elektronik) juga ditunggu aksi nyatanya, jangan sampai insan pers menambah kisruh dan kacau suasana penegakan hukum. Hal ini sengaja saya ungkapkan karena ada indikasi kuat mereka yang duduk di kursi pesakitan sebagai tersangka, berupaya menutup – nutupi agar kasusnya tidak di beritakan. Modusnya bermacam – macam dari mengamcam sampai dengan membagi angpao kepada wartawan yang meliput kasusnya atau langsung kepada pimpinan medianya. Tanpa komitmen yang tinggi dari berbagai pihak semrawutnya upaya penegakan hukum dinegeri ini mustahil akan ter urai.

Untuk menjaga kepercayaan rakyat penegak hukum saat ini harus bergerak cepat, sabar dalam berjuang, dengan tetap mengedepankan objektivitas dan kebenaran menjadi kuncinya.


Yakin Usaha Sampai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: